Contoh ceramah untuk anak : Keutamaan Ramadhan

Pagi hari iseng-iseng membuat teks, kebetulan sekali, siangnya riezka mendapat telepon permintaan naskah pidato. Berikut saya coba share, contoh pidato sederhana untuk anak-anak. Selamat belajarr..!  ^_^

Semoga bermanfaat.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT, shalawat beserta salam akan tetap terlimpahkan kepada suri tauladan umat manusia, tokoh paling berpengaruh di dunia, yakni baginda Rasul: Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam. Tak lupa kepada keluarga, para sahabat, dan semua tabiinny. Mudah-mudahan kita dicatat oleh Allah sebagai umatnya, Amin ya rabbal…. Alamin.

Hadirin Rahimakumullah,

nama saya [sebutkan nama sendiri], siswa kelas .. SD, akan  menyampaikan uraian hikmah tentang ibadah sederhana di bulan ramadhan.

Alhamdulillah, dalam kesempatan ini, kita dapat bermuajahah (bertatap muka) di bulan yang penuh rahmat dan magfiroh dari Allah SWT, yakni bulan ramadhan. Al-Hadist mengatakan:

Artinya: “Jika telah masuk bulan Ramadhan, pintu-pintu Surga akan dibuka, pintu-pintu Jahannam akan ditutup, dan para syaitan akan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Coba saya mau tanya, teman-teman suka berpuasa? Tarawihnya, bagaimana? …. Pinter!!! Alhamdulillah. [tips: gunakan interaksi sedemikian rupa sehingga mendapat jawaban dari audiens anak-anak]

Tapi sayang sekali, jika pahala yang melimpah di bulan suci ini hanya diraih dengan puasa dan tarawih saja, padahal sebenarnya ada banyak ibadah yang sederhana dan mudah dipraktikkan dengan pahala yang berlipat ganda. Seperti Senyum, Shodaqoh, dan Salam. Sekarang, insyAllah akan saya uraikan satu persatu.

(1) Yang pertama, senyum. Senyum itu menampakkan keramahan, bahkan hadist Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam,

watabassumuka fi wajhi akhiika shodaqoh

Artinya, ” Dan senyummu untuk saudara mu adalah sodaqoh. “

kita bisa senyum kepada teman, orangtua, adik, kakak, guru, tetangga, dan semua orang!

Saya mau test ni, teman-teman bisa senyum? coba liat, senyumnya mannnnna?!  :)

(2) Ibadah sederhana kedua adalah Shodaqoh,

Karena bulan ini kita puasa, teman-teman, yuk sisihkan uang jajan untuk berbagi dengan yang membutuhkan, atau infaq di masjid. Sedikitpun tak mengapa, yang penting ikhlasnya. :)

(3) Dan Ibadah sederhana yang ketiga yaitu salam, kita bisa mengucapkan salam: ketika masuk rumah maupun keluar rumah, mau masuk mushala atau masuk kelas di sekolah. Yaitu dengan mengucapkan.. Assalamualaikum.

Salam,juga harus di ucapkan setelah mendengar nama Muhammad, yaitu dengan mengucapkan Sallahu alaihi Wasalam, selain untuk penghormatan, juga sebagai pembeda antara Nabi Muhammad Sallahu alaihi Wasalam dengan nama Muhammad yang banyak digunakan umat muslim.

Hadirin Rahimakumullah,

Hebatnya lagi, ibadah sederhana; senyum, shodaqoh, dan salam bisa dijadikan oleh-oleh untuk bulan berikutnya. Sehingga kemuliaan bulan romadhon kali ini, dapat mengharumi sepanjang tahun. InsyAllah…

 

Demikian uraian hikmah tentang  ibadah sederhana di bulan ramadhan, semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Teman-teman yang dirahmati Allah,

..<sebutkan nama sendiri>.. berbicara di depan bukan karena saya sudah lebih baik, hanya sekedar saling mengingatkan dalam kebajikan. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Mohon maaf bila ada kesalahan, karena saya masih dalam tahap belajar.

ke Karawang cari durian

dari cikampek ke pamanukan

mumpung ini bulan Ramadhan

yuk, perbanyak amal kebaikan

betul.. betul.. betul..???

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

~*~

Oleh Riezka Amalia Faoziah

Penasehat : Drs. Ujang Nasrudin

Baca juga:

7 Tips dan Trik Pidato atau Sambutan

Contoh Pidato Maulid Anak

Tulisan singkat riezka tentang kebahagiaan

Contoh Ceramah untuk Anak : Keutamaan Shalat

Contoh Ceramah Anak : Hikmah Berkurban

Bahasan QS. Ibrahim : 7 tentang Bersyukur

Saran, kritik, pendapat? silakan tinggalkan komentar di bawah.

kenalan, yu! ;)

IMG_5958

About these ads

62 thoughts on “Contoh ceramah untuk anak : Keutamaan Ramadhan

  1. nuryah sinta says:

    Kakak aku ijin yaa nyontek teks pidato nya, mkasih ,

  2. hafizh says:

    Bikin lg dong teks pidatonya yg baru

  3. riezka135 says:

    maaf ya de, belum sempat buat lagi. riezka lagi persiapan sidang Tugas Akhir dulu sampai bulan februari.. mohon doanya. :)

  4. ade kosasih says:

    makasih banget atas contoh2 ceramahnya, jadi saya bisa share ke anak didik saya, moga mendapat berkah untuk semua.

  5. Moslem says:

    Nice,
    Izin Copas Mbak…….
    Buat adik kecil ku neh

  6. Taofik says:

    Rizka sudah lulus tugas akhirya…..?
    Apa nilai bagus semua….?
    Alhamdulilah

    Kultumy bagus
    Apa boleh saya ambil dan saya sebarkan ke anak2 muslim ?
    Klw tidak jelaskan?

    Boleh minta no hpy ? :)

    • riezka135 says:

      Punten, ini Taofik yang mana ya?
      Belum lulus… mohon doanya.
      nilai walaupun tidak excellent, tapi Alhamdulillah lemayan..
      Mau disebarkan? Sangat boleh.

  7. Awal says:

    Kurang lenkap cermanya

  8. dhek iim says:

    mbx rizka ijin nyontoh teks nya ya buat anak-anak ,,,syukron ya..:-)

  9. kiky hartanti says:

    keren ceramahnya,
    ijin nyontek ya, buat materi :)

  10. semiati says:

    Asmlkm.mbak izin naskah ceramahnya untuk anak saya kebetulan ada acara ceramah ramdhan di sekolah mks,

  11. egaa anggraini says:

    apa itu ceramh nya gaenak aja pun

  12. corneto says:

    TAIK mu hitam sok kecakepan kali kau …..
    udah merasa hebat kau ini ?

    • kaysa says:

      ya allah gak boleh mengejek. mau masuk api yang menyalanyala bagi saya itu luar biasa walau bosan,kak saya peringati ini bukan saya sok taat tapi kita tak boleh mengejek sesama muslim!!!!!

  13. nurul hidayah says:

    terima kasih ya mbak aku ikut mencoba untuk menyampaikan ke anak2 di masjid Almuhajirin.sangat simpel dan mudah disampaikan….

  14. Auliyaa febyana says:

    mantap ceramah nya .. kk riezka .. tambah banyakin lagi yaa kaka .. izin nyontek nya loh kaka :D

  15. Lian Slinggo says:

    makasih kk aku pinjem sedikit katanya ya buat pidato beso :D ;)

  16. Lian SLinggo says:

    WAAAH SIIP KK RIEZKA JUARA ! :D
    trims ya

  17. dewi hapsari says:

    wuih….kerren….boleh tak cntoh untuk anak” ya….

  18. putri says:

    kk riezka tambahin lagi dong pidatonyaa bgs tauu….
    kk riezka juara dehhh!!!!
    kk berbakat yy bikin pidato…

  19. nayla says:

    Ijin Copas ya, untuk anakku yang mau ikut dacil di sekolah. Jazakllah khoiron katsir. Semoga barakah. Amin

  20. farichatul fitria says:

    izin copast, anak didik saya ada yang akan ikut Dacil disekolah, untuk referensi saja.

  21. nita says:

    kak aku izin ambil kata2 nya ya .. buat sodara aku :)

  22. dhian says:

    makasih buat cotoh pidatonya…
    contoh ini bsa buat adik saya yg pling kcil, yg pengen bnget jadi dacil… :)

  23. Mulyaningsih adhe says:

    Assalamu’alaikum Ustadjah Riezka,
    contoh ceramahnya bagus-bagus, bu adhe suka banget dan pengen dijadiin contoh untuk belajar da’wah anak-anak dirumah dan di sekolah. Mohom izinnya untuk di copy ya. Trimakasih sebelum dan sesudahnya. Semoga selalu diberkahi Allah. Amin

  24. kaysa says:

    wau bagus!

  25. kaysa says:

    kak’kapan kapan buat yang banyak adik suka sekali kalau membaca pidato.

  26. NADIA PARADIBA SARAGIH says:

    KEREN BINGINS PIDATONYA KAK

    BY:NADIA IMUT*^_^*

  27. NADIA PARADIBA SARAGIH says:

    keren bingins kak pidatonya

    by nadia imut*^_^*

  28. NADIA PARADIBA SARAGIH says:

    KEREN BINGINS PIDATONYA KAK
    see you tommorow

    BY:NADIA IMUT*^_^*

  29. Rittaaa.. says:

    Baguss Bangetz kak..
    saya izin pinjem naskah nya kebetulan saya ada acara pidato di pengajian saya
    by:aurel

  30. Muhaimin says:

    Mau Nanya ?

    Yang Tulisan Alquran Itw bacanya apa ? Karena kurang jelasa :)

    • riezka135 says:

      Latinnya seperti ini: “idzaa dakhala romadhona futihat abwaabul jannati, wa ghulliqats abwaabu jahannam wasufidat syayaathiin”

  31. Ayu Azzahra says:

    makasih ka .. aku pngn lomba pidato pngnn nya yg ini kaya nya bagus bngtt

  32. aurelia says:

    Nyontek teks nya yaa, bagus soalnya hehehhe

  33. Dhea Sukmawati says:

    Waahh !! mb itu hebatt sekali iia ..

    Pengin bnget dhea seperti mb :). Mb ..dhea ijin berpidato pke pidato.e mb iah , bwat pidato di dpann teman”

  34. imstahrir says:

    Semoga materi ceramah untuk anak makin bertambah komplit

  35. Izin copas buat lomba pidato ya. Bagus loh, ka!

  36. Vadillah Herma says:

    subahanallah pidatonya bermanfaat bngttttttt… mksh kaaaa jadi bisa bawain pidato ini pas bukber di sklh.

  37. tiny says:

    assalamu’alaikum…
    ka aku izin untuk pakai materi’a ya ka. . .
    syukran jazilan. . .
    atas ilmu’a, semoga bermanfaat . .
    aamiin. . ^^

KIRIM TANGGAPAN

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s