Influenza

Assalamualaikum. *HAATCHIIIIIIIIIH*

yang mpunya blog lagi flu berat. ups. :)

kalau lagi sendirian, berasa di dunia ini cuma ada ‘aku dan tissue’… sampai-sampai tempat sampah di kosan overcapacity, saking tak sanggup lagi membendung benda tipis, putih, nan basah itu.. yaaaik!

seandainya ulangtahun dibulan ini, rela deh nerima hadiah tissue satu truk. heuheu.

setelah mencari kesana kemari, akhirnya ketemu juga artikel yang  membahas tentang influenza, beberapa diantaranya saya dapatkan dari website kesehatan, wikipedia, dan sebagian besar dari http://med.unhas.ac.id.

singkat saja tulisannya.

dan, seperti biasa.. Semoga bermanfaat! :)

Influenza adalah penyakit menular tergolong dalam kategori penyakit yang self limiting. Artinya jika tidak disertai komplikasi penyakit lain, setelah 4 – 7 hari flu akan sembuh, asal tubuh diberi kesempatan meningkatkan daya tahan terhadap pengaruh dari luar.

virus influenza

Influenza disebabkan oleh virus Influenza. Virus influenza ini menyerang sistem pernafasan. Virus berpotensi ditularkan oleh orang lain melalui air liur yang sudah terinfeksi pada saat penderita batuk atau bersin; juga dapat melalui kontak langsung dengan sekresi (liur dan lendir) penderita.

Gejala:

Gejala influenza akan nampak 24 – 48 jam setelah terinfeksi.

  1. Merasa dingin, adalah gejala awal yang menandakan influenza.
  2. Pada beberapa hari pertama sering terjadi demam, hingga suhu tubuh mencapai 38,9 – 39,4°Celsius.
  3. Banyak penderita yang merasakan tubuh sakit, hingga harus berbaring di tempat tidur; terutama di punggung dan tungkai.
  4. Sakit kepala disertai sakit di sekeliling dan belakang mata. Sinar terang bisa memperburuk rasa sakit ini.
  5. Gangguan saluran pernapasan ringan; rasa gatal pada tenggorokan, rasa panas di dada, batuk kering dan hidung berair. Kemudian diikuti batuk hebat berdahak.
  6. Tubuh hangat dan kulit wajah kemerahan.
  7. Kadang-kadang disertai mual dan muntah, terutama pada anak-anak.
  8. Setelah 2-3 hari, sebagian besar gejala akan menghilang dan demam mereda. Pada sebagian kasus, demam dapat bertahan hingga 5 hari.
  9. Bronkhitis dan batuk bisa menetap hingga 10 hari atau lebih, dan diperlukan waktu 6-8 minggu untuk pemulihan total.

Solusi
Sistem pengobatan yang utama untuk mengatasi influenza adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya adalah:

  1. Istirahat cukup
  2. Hentikan kegiatan olahraga untuk sementara waktu
  3. Banyak minum air putih
  4. Hisap tablet antiseptik bila ada gejala awal sakit tenggorokan
  5. Jika  ingin mengonsumsi obat flu, pilihlah obat sesuai gejala yang  dialami, dengan dosis pertama yang tidak terlalu tinggi.

Pun untuk semua yang sedang kurang sehat,

Semoga lekas sembuh.

19 thoughts on “Influenza

  1. Johan says:

    mun tiasa mah, nomor na berurutan neng …..

  2. bakekoq says:

    wah, klo dy panas tinggi gitu.. solusi nya adalah OD.. ane juga gitu, Sis..

  3. semoga cepet sembuh :)

  4. Ini kayaknya calon dokter yang nyasar ke teknik nih. :)

  5. fazri says:

    Assalam.wah update trus y blognya.mantap2.sukses dan cpt smbuh unt
    k yg puny blog yg lg flu.hehe

  6. […] terima kasih untuk semua partisipan di tulisan saya sebelumnya  mengenai influenza. Baik yang sekedar membaca,  memberi komentar, juga yang turut mendoakan. […]

KIRIM TANGGAPAN

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s