Gaya Komunikasi ala Celine Dion

Assalamualaikum Wr Wb

Hai Pembaca,

Pernah mendengar Titanic? rasanya sulit menemukan orang yang tidak kenal kapal lintas zaman ini, karena telah di-film-kan dan menjadi fenomena tersendiri. setuju?!  ;)

saya tidak memiliki ketertarikan mendalam terhadap film, yang akan saya bahas disini adalah theme song atau lagu pengiring Titanic yang dibawakan penyanyi (salahsatu favorit mamah saya), Celine Dion – My Heart Will Go On. Konten atau lirik dari lagu tersebut juga tidak akan saya bahas, karena yang lebih diperhatikan pada postingan sekarang adalah… gaya komunikasi sang penyanyi http://matcuoi.com dalam sebuah kesempatan.http://matcuoi.com

Berikut cuplikan video yang dimaksud,

Menurut saya, pembawaan Celine Dion di atas melibatkan kecerdasan komunikasi. Ada 5 Gaya Komunikasi Celine Dion yang cukup luwes tertata apik :

  1. berwibawa. dari detik 0.01 sampai mengakhiri lagu, Celine Dion terlihat menyanyi dengan wibawa. gaun hitam, tegap, serta tidak terlalu banyak gesture atau gerakan, mungkin salahsatutiga penyebabnya.
  2. sederhana dan santun. tidak banyak menggunakan aksesoris tapi terlihat elegan, dan ringan menunduk ke berbagai arah sebagai ungkapan terima kasih [entah mengapa untuk mendeskripsikan ini, kata yang terlintas adalah santun]. seorang public speaker yang mumpuni mesti memiliki sikap seperti ini, sederhana dan santun.
  3. anggun. saya suka gaya Celine Dion membawakan lagu My Heart Will Go On dalam video tersebut. sebuah cara berkomunikasi yang menarik. tidak harus selalu anggun, mungkin bisa juga dengan menonjolkan kelebihan lain pokoknya yang akan membuat pendengar lebih respek. seorang pembicara yang jenaka bisa menambah kesan humoris, pembicara yang disiplin dapat menampilkan kesan tegas atau lugas, banyak pilihan.. just be your self! http://matcuoi.com
  4. apresiatif. di menit ke 3.35 sampai 3.40 ia menyempatkan diri untuk mundur ke belakang, lalu memberi apresiasi / kesempatan pada flute lady untuk ‘tampil’ . bila saya adalah sang gadis peniup flute, pandangan Celine Dion di saat yang tepat itu, merupakan bentuk penghargaan yang berarti dan akan menjadi kenangan manis sepanjang karir.
  5. keterlibatan emosional. di bagian improvisasi, tepatnya berpuncak pada menit ke 3.48 sampai 4.25, perasaan terhadap lagu yang dibawakan disampaikan dengan penuh energi. pun begitu dengan pembicara yang handal, sebaiknya dapat menggiring emosi audiens untuk larut di titik berat materi yang dibawakan. Bisa jadi, lebih baik lagi kalau ada saat-saat klimaks yang akan menciptakan unforgetable moment di para pendengar.

wah, sungguh mudah memberi komentar. hahaha.. ‘juri Indonesian Idol wanna be‘ nih kayanya. engga ding.. cuma belajar melihat sesuatu dari ‘sudut pandang yang berbeda’. maaf ya kalau ada salah, saya tidak lebih baik dari pembaca. http://matcuoi.com
Yup, celoteh untuk celine dion dicukupkan sekian [ada celotehan berbeda? mari berbagi di kolom ‘komentar’]. semoga ada bagian dalam tulisan ini yang dapat diambil pelajaran. wallahu alam bisshawab.

– Riezka Amalia Faoziah

~*~

Baca Juga :

7 Tips dan Trik Berpidato

Hedonisme

11 thoughts on “Gaya Komunikasi ala Celine Dion

  1. Wah wah, penggemar mba celine nih. Hahahaha
    Gak sekalian jadi penyanyi aja riez? :D

  2. Tulisan’y bagus.
    memberi info cara berbicara di depan umum plus menghibur.

  3. asep says:

    kalau sy lebihtertarik cara berkomentar anda…

  4. Fida says:

    Bagus (y)

KIRIM TANGGAPAN

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s