[kisah nyata] Adikku = Nenekku

Namanya Reisha Rahmatun Nissa, ketua Pratami (Pramuka Putri), aktif mengikuti lomba puisi, dengan pengalaman menjadi pengisi di beberapa acara sambutan rohani.

Hari kemarin, 10 September 2012, jam 16.00 – 18.00 tiba-tiba mamah, bapa, dan reisha mendadak kompak tidak angkat tlp. Bahkan nomor teh nita, saudara dekat, saya hubungi juga sama. no respon. ternyata.. memang ada “something wrong” di rumah.

Reisha tersiram air panas waktu mau masak mie. Dan ketika mamah bilang kebanjurnya gara-gara  mau niru MasterCheff, riezka percaya aja.. eh, taunya saya dibohongi! ~_~”

Tapi tersiramnya betulan. Tanpa sengaja kesenggol sendiri. Sempat masuk UGD dan menginap selama 2 hari. Padahal di 10 September, siangnya mamah yang berobat ke dokter, lho yang dirawat jadi Reisha? [tanya kenapa]

oh ya, kembali pada judul. Pemikiran ini (adikku=nenekku) bermula 13 tahun yang lalu. Di hari saat adikku dilahirkan, salahseorang kerabat menggendong bayi reisha lalu mengatakan “wah.. orok teh mirip ma haji ieu mah” (translate: wah.. ini bayi mirip alm. neneknya). di telinga saya, seorang anak berusia 8tahun kala itu, kalimat tersebut terdengar seperti kutukan penyihir hitam untuk putri tidur yang harus waspada dengan jarum pintal. *diakhiri oleh suara petir bergemuruh. GLEGARRRRRRRR ZZEESSS…//@#%*&

dan.. benar saja, dalam benak saya, hal itu menjadi kenyataan sekarang. Reisha tumbuh dengan pikiran seperti emak-emak. hahahahahaha. terbukti dengan beberapa kasus:

  • saat reisha berumur 6 tahun. sehabis shalat, ia selalu yang paling lama selesai berdoa (posisi mata tertutup dan mulut berkomat kamit dengan cepat), entah apa yang dibaca… *kadang saya perhatikan bibirnya, mungkin saja sambil mengunyah daun sirih.
  • saat usianya belum genap 11tahun, reisha sudah telaten dalam merapikan atau menyimpan sesuatu. bahkan untuk sekedar mengambil perabot kaca, mamah lebih percaya Reisha ketimbang saya. okeyyy, mungkin ini karena dipengaruhi sifat ceroboh saya. tapi kasus ketiga akan meyakinkan teori riezka, bahwa adikku=nenekku.
  • ketika pergi dari rumah. saya, riezky, reisha, dan mamah berencana beli barang untuk ditempatkan di kamar saya. sesaat sebelum kami pergi dari rumah, ia mengajak saya ke kamar, lalu bersuara pelan, “te ika, kalau mamah beli barang yang ga sesuai sama keinginan te ika jangan ngambek ya. pokoknya wajah harus tersenyum, selalu kelihatan bahagia..” ANDA TIDAK SALAH BACA, TEMAN. ini sebuah realita… perempuan dewasa 21 tahun, dinasehati oleh anak-anak yang baru masuk SMP.

Benarkan pemikiran seorang gadis kecil dapat berevolusi sedemikian cepatnya? aku tak mengerti………

Sekian postingan malam ini. Mari berdoa, semoga nenekku adikku cepat pulih.

adikku = nenekku ?

Terima kasih… :)

wassalam.

8 thoughts on “[kisah nyata] Adikku = Nenekku

  1. kidalboy says:

    toh pemikiran ke arah positif dan menjadi karakter serta membentuk kepribadian..
    di tunggu postingan ” kamu=???” seperti apa kisahnya kita tunggu saja.ha..ha..ha..

  2. bahrulhaer says:

    hahahah keren… lucu..unyu.unyu…..

  3. saokiahmad says:

    BUkan umur yang kita lihat tetapi isi dari yang de reisha berikan, toh tingkat kedewasaan tidak terpaku pada berapa umur kita, tetapi tingkat kedewasaan itu bagaimana cara seseorang bisa menyikapi dalam suatu keadaan,itu
    Ahmad Saoki Harun Amd

    • riezka135 says:

      riezka setuju, usia bukan tolak ukur kedewasaan.
      ‘pengetahuan’ dan pemahaman saat menyerap informasi lebih berpengaruh dalam kearifan berpikir, berucap, maupun saat pengambilan keputusan daripada waktu lamanya hidup di dunia.
      itulah sebabnya kita, terutama saya, harus banyak belajar agar lebih banyak ‘tahu’. :)

KIRIM TANGGAPAN

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s