Contoh Ceramah Anak SD: Pentingnya Shalat

Berikut adalah contoh kultum atau ceramah untuk anak SD,  dapat digunakan sebagai teks pidato sederhana bagi anak-anak yang ingin belajar tampil di depan umum.

Yup, Adik – Adik yang mau kultum/ceramah/pidato, tetap tekun ok! Semoga sukses dan lancar! ^_^

Assalamualaikum wr. wb.

["Alhamdulillahi robbil alamin, wasshalaatu wassalaamu alaa asrafil anbiyaa' i  wal mursaliin wa'ala aalihi wasohbihi ajma'in, (amma ba'du)" keterangan : tulisan arab di atas disebut 'mukaddimah', boleh dibaca maupun tidak.]

Bapak, Ibu, dan teman-teman pendengar yang saya hormati, nama saya [sebutkan nama sendiri] , siswa kelas .. SD, akan  menyampaikan uraian hikmah tentang Pentingnya Belajar Shalat.

Hadirin yang di muliakan Allah,

Nabi muhammad SAW telah bersabda: “Shalat adalah tiang agama. Barangsiapa menegakkan shalat, berarti telah menegakkan agama. Dan barangsiapa meninggalkan shalat berarti telah MERUNTUHKAN agamanya.” [tips: beri penekanan pada kata 'meruntuhkan']

Belajar shalat sejak dini sangatlah penting, pepatah mengatakan ‘belajar sedari kecil bagai menulis di atas batu, sedangkan belajar sesudah dewasa laksana menulis di atas air’.

Teman-teman, Reisha mau tanya,

teman suka sholat, tidaak?

shalat Dzuhur berapa kali?? Ashar berapa kali? Kalau magrib? [kemungkinan audiens akan menjawab 4 atau 3]

iih.. salah, jawabannya adalah:

Shalat dzuhur satu kali. Shalat Ashar dan magrib juga satu kali.

Tapi kalau ditanya, berapa raka’at???? barru jawabannya; Dzuhur 4 Rakaat. Ashar 4 rakaat. Magrib 3 rakaat, Isya 4 rakaat, dan shalat subuh 5 rakaat. Cara menghafalnya gampang:

[tips: nyanyi menggunakan nada cicak-cicak di dinding]

Empat, Empat, dan Tiga

Empat, Dua roka’at

Itulah jumlah shalat

Sehari dan semalam.

Hadirin yang saya hormati,

Kesimpulan dari kultum ini yaitu; shalat adalah tiang agama, karena itu mari belajar shalat sejak kecil agar agama islam tetap tegak di muka bumi dan kita semakin di sayang oleh Allah SWT.

Sekian kultum dari saya. Mohon maaf bila ada kesalahan, karena [sebutkan nama ] masih dalam taraf belajar.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

~*~

oleh Riezka Amalia Faoziah

Pembina : Ust. Drs. Ujang Nasrudin

pernah disampaikan : Reisha Rahmatun Nissa

Baca juga :

Contoh Pidato Maulid Anak

contoh ceramah untuk anak : Pidato Perpisahan

7 Tips dan Trik berpidato atau sambutan

Contoh ceramah untuk anak : Ibadah sederhana di bulan Ramadhan

Contoh Ceramah Anak : Hikmah Berkurban

About these ads

106 thoughts on “Contoh Ceramah Anak SD: Pentingnya Shalat

  1. Zainal Abidin says:

    Thanks, saya minta buat adik adik TPA ya

  2. salsa says:

    apa gak ada yg lain???? :(

  3. DiTo says:

    apikkk… matur nuwun. ^_^ Alhamdulillah ono contone amin

  4. yg tips shloat untuk anak sangat bermanfaat, mohon terus meng update artikel, nice blog, terimakasih. keren :-D

  5. ahmad says:

    minta teks isro’ mi’roj untuk anak anak

  6. alfa says:

    suwun mbak, moga menang lomba MAPSI. amin

  7. salsabila says:

    wow pidato nya keren

  8. salsabila says:

    kirim pidato lain dong

    • riezka135 says:

      apa kabar salsabila? terimakasih sudah datang lagi. hmm,,pidato lain sebenarnya sudah ada, tapi belum siap publish ni de. ditunggu aja yaa…ok! :)

  9. febrina says:

    makasih ya.berkat pidato ini,aku bisa tampil di depan teman teman

  10. trims sista, infonya super
    salam kenal

  11. masagha ada ceramah nya

  12. KHILDA says:

    MAKASCIH KA … AKU AMBIL YA BUAT BELAJAR .. MUDAH2AN ILMU KAKA BERTAMBAH

  13. afifah khoirunnisa says:

    ya doa in saya biar jadi anak yg berbakti kepada orang tua !!

  14. nadya khalifa says:

    ceramahnya sangat bagus :) , saya izin untuk menggunakan teks ceramahnya ya ^^ terimakasih ini sangat membantu untuk tugas bahasa indonesia saya

  15. NAFIISAH AZZAHRA says:

    kak aq minta izin ambil pidatonya ,soalnya pidatonya bagus aq jdi berani tampil dihadapan teman2 kak ,makacih ya

  16. mekarjaya123 says:

    S

  17. sakinah says:

    apa ada yg lebih ditel lg ?

  18. lufi lutfiAH says:

    kak bikinin teks dakwah MTS donk, please!!

  19. Rahmi Intan Insania says:

    Minta izin copas pidatony ya :) untuk bahan ngaji ..
    Terimakasih

  20. derryl says:

    Subhanallah..

    Kata” mu bagus sekali…

  21. Tita Purnamasari says:

    thanks yach bwt kultumny singkt n brmanfaat bgt kbtln sy prlu bwt acara kenaikan kelas d RA syukron, hatur nuhun pisan :-)

    • riezka135 says:

      sami-sami neng Tita… ich.. sundanis juga ternyata. :)
      tong hilap mampir lagi kemari kalau perlu teks ceramah, alangkah lebih indah kalau kita bisa saling tukar pelajaran/pengalaman. :)

  22. nisha says:

    thank ya,sya jadi ad bahan bt adik2 yg sdang blajar kultum.

  23. wi wied says:

    Aq minta wat anak latihan pidato ya…

  24. yuli says:

    saya jdkan bahan pidato anak saya memperingati isra miraj ya

  25. george ribble says:

    kayaknya gampang hih, truss singkat.

    thaks ya…

  26. ihsan taufiq says:

    ALLhamdulillah, sudah hafal

    makasih ya ka riezka

  27. niko says:

    alhamdulillah anak saya juara 3
    lomba ceramah..karena mencontoh teks ini

    • riezka135 says:

      Alhamdulillah, saya jadi merasa beruntung telah mempublish naskah ini. Tapi memang ananda-nya yang berbakat.. Semoga putra/putri berlanjut menjadi dai/daiah penebar syiar. Amin YRA. :)

  28. Zul says:

    Makasih ya kak!.Kultumnya Bagus Sekali kak!.Kalau Bisa Bikinin Lg ya kak,.Kaka Riezka memang Hebat

  29. innha says:

    kk kalau bisa kultumnya panjang dikit dong agar tidak cepat turun dari mimbar

  30. rafiabsari says:

    gak ada yg lain nih…..wkwkwkwk

  31. kaliz says:

    Kak,minta izin ya kak minta pidato nya.
    Karena pidato nya, Waktu itu aku menang lomba pidato / juara 1 :)

  32. noufal priatna says:

    tq kak, ini bagus buat tugas ku……

  33. fefe says:

    lumanyan tapi aneh masak kultum ada tanya jawab

  34. Nur says:

    bajik nha tawwa ceramah nha,,ku ngai sikali

  35. Heny Sudarto says:

    terima kasih mb kultum ini buat Cantika kultuum disekolah………….
    …………

  36. izin copas… sukron

  37. Blog walking :) nice note

  38. agung says:

    Subhanallah……. Indahnya kata kta nya

  39. agung says:

    Jadi aku Bisa Pildacil terima kasih……..

  40. Nurhidayat says:

    Teks di atas teks pidato atau teks ceramah?

  41. Nurda says:

    Teks yang diatas, teks pidato atau teks ceramah?

  42. Nurhidayat says:

    Teks yg diatas ceramah atau pidato?

    • riezka135 says:

      Secara definisi, pidato atau ceramah sama saja. Namun, berdasarkan dialek masyarakat Indonesia, ceramah seringkali diasosiasikan dengan “pidato” dalam konteks keagamaan. Selamat menyimpulkan. :)

  43. Nurhidayat says:

    Tolong dijawab! Karna ini sangat penting.

  44. Nurhidayat says:

    w00y mana ni yg punya :D !!, nggk di jawab” ,

  45. Dani CR7 SD MUGU says:

    Alhamdullilah entuk conto kultum

  46. […] Contoh ceramah anak sd: pentingnya shalat | riezka’s blog […]

  47. fitriyana says:

    kak kenalkan saya kaisa pidato kakak membuat saya menjadi berani untuk berpidato

  48. kaysa says:

    pidatonya bagus

  49. kaysa says:

    oiya nama yang tadi nama ibu saya maaf kak riezka

  50. minna says:

    mungkin kakanya lagi sibuk dek

  51. rumaedah says:

    Thanks materi ceramahnya semoga Allah Swt memberi kesehatan untuk terus berkarya…amiin

  52. kaysa says:

    kak mina kok tau kakak nya lagi sibuk mungkin gak kenal kakak itu hahahhah…..

  53. kaysa says:

    kak! kakak di foto cantik sekali…..memakai kerudung bewarna putih seperti perempuan dari surga ke pengen seperti kakak

  54. kaysa says:

    kak yang baru udah kakak buat!kasih tau ya kalau belum gak papa tapi
    adik mau lomba makanya nanyak sama kakak biar adik afal ya

  55. kaysa says:

    oya kak doain ya supaya adik menang dilomba pidato ! amin….!

  56. kaysa says:

    assalamu alaikum wr.wb kak riezka mama adek tanyak rumah nya dimana !(kota)

  57. rinaldi says:

    ijin copas yaa gan, semoga mendapat balasan dari Allah Swt

  58. kaysa says:

    maaf kak, adik tidak tau kalau udah di komentarmaafya

  59. SOFYAN says:

    bang minta ceramahnya ya bang,,,,,,,!!!!!! buat anak didik aye bang d madrasah.trimaksi bang.

  60. kaysa says:

    kak adek gak menang tapi adek tetap semangat lo…..!!!

  61. riezka123 says:

    hai

  62. kaysa says:

    kak boleh apagak adek pnjam tok pidato..!!!!

  63. zuran_coll says:

    hai nama saya zuran

  64. asslkm…koncp nya buat aq demen baca nich

  65. sri ayu dia says:

    kak tolong buatin pidato tentang hari kiamat…

KIRIM TANGGAPAN

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s